Apakah Kita Seorang Nasionalis?

….//Di sana tempat lahir beta//Dibuai dibesarkan bunda//
Tempat berlindung di hari tua//Sampai akhir menutup mata//

Entah kenapa tiba-tiba saja saya teringat lagu ini. Sebuah lagu nasional yang sering saya nyanyikan waktu kecil dulu. Ada cinta, kekuatan, sekaligus rasa kebangsaan yang begitu besar, yang tiba-tiba saja saya rasakan.

Seorang teman pernah mengatakan, cara paling gampang untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita adalah dengan menyanyikan lagu-lagu nasional. Kala itu, saya sama sekali tidak percaya. Masak sich…???!!

Begitulah. Hari demi hari saya tidak pernah sepakat akan pendapat itu. Tapi sekarang, saya justru “menemukan” kekuatan di balik lagu ini. Saya juga gak tahu pasti apa penyebabnya. Yang saya tahu, ketika menyanyikan lagu ini, saya merasakan sesak yang amat sangat. Sebuah rasa yang tidak pernah saya rasakan sebelumnya. Rasa itu kemudian diikuti dengan perasaan dan semangat menggebu-gebu; INDONESIA!!!!

Sampai sekarang, rasa itu masih ada dan terus tumbuh. Apakah perasaan seperti itu dapat dikatakan sebagai awal tumbuhnya rasa nasionalisme? Saya pun tak tahu. Apakah ada yang tahu bagaimana ciri seorang nasionalis? Apakah hanya orang-orang yang secara kasat mata membela negara saja yang bisa disebut sebagai nasionalis? Entahlah. Tapi yang pasti, saya hanya ingin menjadi seorang nasionalis dengan cara sendiri!

Lihat Tulisan Lainnya:



23 komentar sahabat:

Kang Boim mengatakan...

nasionalis tuh sudah hampir punah...yang ada saat ini hanya kapitalis dan liberalis....kalaupun ada, cinta terhadap negeri ini hanya didasari karna uang...tidak kurang dan tidak lebih...sang nasionalis sejati kini menjadi amat langka di negeri ini....

utti mengatakan...

jd ingat waktu kecil dulu,kl nyanyi lg ini asbun,hohoho.. btw mas sayah jg ga ngerti yg nasionalis ituh yg kyk gmna,huehehe..

cerita senja mengatakan...

hmmmm..yeah!
*jadi inget pernah menyanyikan lagu itu juga pada sebuah pertunjukkan yang memalukan..jadi malu nih*

menumbuhkan rasa nasionalis dengan menyanyikan lagu nasional belum pernah saya rasakan. emang bisa?
kalo memang bisa, keren juga tuh..sampai bisa merasakannya dengan sungguh..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

*plok..plok...* tepuk tangan... hore.. om wendra nyanyi lagu kebangsaan..

Kristina Dian Safitry mengatakan...

aku malah lupa dgn lagu itu. entah kenapa...padahal gak semestinya

komang mengatakan...

ha...ha..nyaris lupa ada kata bernama nasionalisme.

kapanpun's mengatakan...

menumbuhkan jiwa nasionalis dengan menyanyikan lagu, bagus juga. gimana kalo menumbuhkannya sambil melakukan hal yang terbaik untuk indonesia meskipun dari hal terkecil lebuh dulu

wendra wijaya mengatakan...

@Kang Boim> Seperti itulah yang terjadi selama ini. Aku pun merasakan hal seperti itu.

@Kapanpun's> Mungkin seharusnya memang itu yang dilakukan setiap anak negeri ini. Mudah2an kita punya pemikiran yang sama.

uNieQ mengatakan...

mgk saya termasuk warga indonesia yang nasionalismenya udah memudar.. ntahlah..ga ada usaha juga untuk menumbuhkan kembali, karena blom ada yang bisa membuat saya bangga terhadap negeri ini..

wendra wijaya mengatakan...

@unieq> benar tuh mbak.. mang belum ada yang bisa dibanggakan dari negeri ini. kalo saya, mungkin satu2nya yang bisa buat bangga hanya kebudayaannya yang beragam saja. selebihnya TIDAK!!

Rofi mengatakan...

susah mencari tolak ukur yg pas apakah kita nasioanalis apa tidak..
di saat kita berfikir ttg patriotisme kdang perbuatan kita justru kontraproduktif dgn nilai nasionalis... artinya adalah..hidup adalah penantian..penantian akan cita2 ideal dari sebuah nilai kemerdekaan.

wendra wijaya mengatakan...

@rofi>Lantas sampai kapan bro???? Apakah kita hanya bisa menunggu waktu saja sampai ada seseorang yang mampu membawa perubahan itu?? Repot juga kan????

kapanpun's mengatakan...

kalo mau cari linknya di sini bro

http://www.kapanpun.com/2008/07/blogspot-cs.html

Tony mengatakan...

aku jadi merasa bernostalgia lagi semasa sekolah dulu dengan lagu ini :)

la u rra :) mengatakan...

yea, gw baru inget lagi klo ada sbuah kata 'nasionalisme' . ck ck ck . ank2 skrg juga psti udh gg pernah tau lagu itu . krn yg mreka tau lagunya mas nidji , mba gita gutawa . klo lagu wajib pas upacara bendera mah udh lupa . haha .

Oeoes mengatakan...

lagu itu kalah populer dengan lagu2 band jaman sekarang mas, atau karena penciptanya bukan seorang ahmad dhani,andra, ataupun artis2 terkenal lainnya ya...??like lagunya gaby

wendra wijaya mengatakan...

@oeoes> Bener juga tuh. Ya, begitulah salah satu ironi di negeri ini...

JoVie mengatakan...

Nasionalis?? ada kok..tapi dari seribu orang hanya 1 yyaitu gw sendiri..hihi

kalo Materialis, egois dan pesimis ada Banyak....!!

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Nasionalis... sangat relatif maknanya bagi tiap orang.. yang jelas nasionalis itu "segalanya" untuk negara/bangsa... bukan untuk pemerintah...

*Ups... kabuuur...*

Anonim mengatakan...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

Posting Komentar

 
Wendra Wijaya

Buat Lencana Anda