Nurani Atau Kepentingan???

Bali semakin panas! Seperti lazimnya yang terjadi di Indonesia, kondisi sosial masyarakat Bali ”menegang” menjelang pesta demokrasi dan politik (baca: Pilkada). Masa-masa kampanye telah dilalui. Masyarakat disuguhi berbagai janji dan program-program muluk untuk memajukan Bali, yang entah akan ditepati atau tidak!

Berbagai aktor politik memainkan perannya. Mempengaruhi massa hingga menyudutkan kandidat, telah menjadi sesuatu yang wajar. Masyarakat diberikan ”pendidikan penting”, bagaimana cara-cara mempengaruhi serta membujuk seseorang untuk masuk dan mengikuti keinginan politik calon atau partai politik tertentu!

Saling mempengaruhi ataupun keinginan orang bergabung setelah mendapat pengaruh, tentulah menjadi masalah atau hak personal masing-masing. Tapi entah kenapa, saya selalu ingin tahu bagaimana cara membedakan kalau masyarakat memang benar-benar menuruti hati nuraninya, atau karena terkena pengaruh tim sukses dalam memilih seorang kandidat?

Bagi beberapa orang, pertanyaan ini tentu tidaklah begitu penting. Bahkan, mungkin saja pertanyaan ini menjadi sebuah pertanyaan lawas yang tidak akan mendapat jawabannya. Tapi bagi saya, masalah ini tak sesederhana itu. Pemimpin yang dipilih masyarakat karena adanya pengaruh atau ajakan seseorang (tim sukses kandidat), bagi saya adalah sebuah langkah awal menuju kehancuran yang lebih besar (mudah-mudahan saya salah).

Sampai hari ini, saya masih memimpikan sebuah proses demokrasi yang dilakukan dengan cara-cara yang ”jujur”. Saya sangat merindukan sosok pemimpin yang memang murni merupakan pilihan masyarakat Bali. Saya merindukan sosok pemimpin yang lahir dari sebuah proses panjang dalam masyarakat untuk membawa Bali ke arah yang lebih baik. Ya, saya merindukan itu.....

Lihat Tulisan Lainnya:



12 komentar sahabat:

cerita senja mengatakan...

yah...asal gak pilih garagara iklan sering muncul ditipi ajah. pusing liatnya...hehe

wendra wijaya mengatakan...

@cerita senja> mudah2an aja. tapi masalahnya banyak orang yang akhirnya salah pilih. pengen keadaan lebih baik tapi ternyata lebih parah dari kepemimpinan sebelumnya. lalu....?????

Boim Lebon mengatakan...

wah...suhu politik di bali sudah memanas ya...ya inilah permainan aktor 2politik yg ingin berrebut kekuasaan...

komang mengatakan...

kira-kira pilkada kemarin sudah berlangsung jujur dan adil belum? bagaimana soal bagi-bagi uang santunan, yang sudah nyata-nyata membeli suara sejak kampanye?

JoVie mengatakan...

Pemimpin yang dipilih masyarakat karena adanya pengaruh atau ajakan seseorang (tim sukses kandidat), bagi saya adalah sebuah langkah awal menuju kehancuran yang lebih besar

Se-& Banget nih...
Kalo terus2an kayak gitu..gak ada lagi pemimpin jujur yang akan terpilih dan mau dibaawa ke mana Bangsa ini??

kapanpun's mengatakan...

pemimpin bukan hanya dilihat dari seberapa besar prestasi yang dia telah buat tetapi seberapa besar yang dia telah lakukan dengan ikhlas tanpa meminta inbalan seperti sogokan atau apalah yang notabene menjurus ke korupsi

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Yah... semoga siapapun yang terpilih dapat merealisasikan janji-janji yang telah diucapkan..

*Janji-janji//Tinggal janji..*

Kayak lagu tuh.. he.he.he..

*kabuur..*

Anonim mengatakan...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

Anonim mengatakan...

Place one matted light pandora Jewelry left of the area for jewellery, and one to the right. pandora sale Place reflector light near where the camera is. Whatever you do, avoid mixing light types. pandora charms Use only non-fluorescent lights, and isolate your photo 'lab' away from natural light. pandora bracelets To have freedom with many settings that will be a must, we will have to use longer exposures. For longer exposures to pandora bracelet achieve maximum sharpness, we'll need a tripod. pandora bracelets sale Our hand shakes too much, when camera runs at exposition Buy a 'tripod' for You don't need a heavy duty tripod. pandora bangles If your setup will be on a desk, you can chose mini tripod - approx and stand tripod on the pandora necklaces desk as well, or longer tripod, approxand stand it on the floor. pandora beads Two desk lamps with soft light irrelevant if you are using photo tent -- the tent is there to soften the light and reflector light at the front. pandora earrings I keep the cube open at the front, for easier adjustments and photographs, unless jewellery is highly reflective of the image of me taking photograph. Uniform background colour is recommended. White background works great.

Anonim mengatakan...

Place one matted light pandora Jewelry left of the area for jewellery, and one to the right. pandora sale Place reflector light near where the camera is. Whatever you do, avoid mixing light types. pandora charms Use only non-fluorescent lights, and isolate your photo 'lab' away from natural light. pandora bracelets To have freedom with many settings that will be a must, we will have to use longer exposures. For longer exposures to pandora bracelet achieve maximum sharpness, we'll need a tripod. pandora bracelets sale Our hand shakes too much, when camera runs at exposition Buy a 'tripod' for You don't need a heavy duty tripod. pandora bangles If your setup will be on a desk, you can chose mini tripod - approx and stand tripod on the pandora necklaces desk as well, or longer tripod, approxand stand it on the floor. pandora beads Two desk lamps with soft light irrelevant if you are using photo tent -- the tent is there to soften the light and reflector light at the front. pandora earrings I keep the cube open at the front, for easier adjustments and photographs, unless jewellery is highly reflective of the image of me taking photograph. Uniform background colour is recommended. White background works great.

Posting Komentar

 
Wendra Wijaya

Buat Lencana Anda